Wednesday, April 1, 2015

Kemenangan dan Penyampaian Hadiah Jamboree Mempaga MTB 2015

Marilah sejenak kita kaji tentang apa makna kemenangan dari sudut yang lebih luas. Makna kemenangan ini tidak cukup untuk kita kupas di sini satu persatu, itu memerlukan pembahasan dengan diri sendiri.
 1. Makna terbesar dari sebuah kemenangan yang pasti telah dicapai oleh siapa saja yang mau berjihad, baik sendirian atau bersama sama umat adalah ketika seorang mujahid berhasil mengalahkan nafsunya, mengalahkan syetan yang menggodanya serta mengalahkan ‘lapan perkara yang disukai semua manusia’ dan kesukaan-kesukaan yang menjadi cabangnya, mengalahkan urusan-urusan duniawi yang menarik dirinya, di mana dalam hal ini banyak sekali kaum muslimin yang gagal
 2 Jika ibubapa, anak-anak, saudara-saudara, isteri-isteri, kaum keluarga, harta kekayaan yang kamu usahakan, perniagaan yang kamu khawatiri kerugiannya, dan rumah-rumah tempat tinggal yang kamu sukai adalah lebih kamu cintai ..........
 3 Maka ketika seorang mujahid keluar untuk berjihad, berarti ia telah merealisasikan kemenangan atas orang-orang yang tidak mau ikut jihad dan menghalangi darinya.
 4 Ketika seorang teguh di atas jalan dan perjuangan, apapun yang menimpa dirinya, kepayahan dan kekeliruan dan kata-kata yang menyakitkan hati pada dasarnya ini sudah merupakan satu kemenangan.
 5 Jika orang yang mengalami kesengsaraan dan kesedihan melebihi orang lain, tetapi masih terus berjalan di atas jalan kehidupan mereka dan pantang mundur ketika di medan tempur, serta tidak tewas dengan kemewahan dunia telah teguh memegang prinsip yang ia pegang. Itulah kemenangan.
 6 Ia dikatakan menang jika mereka pegang teguh, mereka rela berperang demi membela prinsip tersebut, mereka rela mengorbankan diri demi menebusnya, itulah kemenangan hakiki.
 7 Sungguh mereka yang hanya berbekal keyakinan dalam melawan musuhnya yang dilengkapi dengan berbagai peralatan dan senjata canggih adalah mereka yang menang dengan kemuliaan dan prinsip yang ia pegang.
 8 Adapun orang-orang yang kebanyakan cenderung kepada dunia dan rela hidup dalam kehinaan, maka sejarah tidak akan pernah sudi menulisnya, bahkan sejarah akan membencinya.
 9 Ketika ia menyatakan dengan terus terang bahwa ia sangat merindukan kemenangan di atas jalan yang ia yakini, dan ia menyatakan bahwa kemenangan sama sekali tidak mempengaruhi maju mundur dirinyanya, maka itu sudah termasuk kemenangan tersendiri.
 10 Api dunia ternyata tidak mampu mengundurkan mereka dari prinsip yang mereka pegang. Mereka lebih memilih selamat dari api neraka di akhirat walau harus mereka bayar dengan memasuki api dunia.
 11 Maka merekapun terjun satu persatu ke dalam api, seperti seperti belalang yang meloncat dengan penuh kemantaban dan perasaan rela berkorban, mereka tidak ditakutkan oleh pemandangan api yang begitu hebat. Mereka memasukinya demi meraih kemenangan.
 12 Kemenangan yang selanjutnya adalah kemenangan yang berupa kemenangan hujjah dan dalil. Ini dekat dengan makna kemenangan sebelumnya.
 13 Akan selalu ada satu kelompok dari umatku yang menang di atas kebenaran, tidak akan dipengaruhi oleh orang yang melemahkan semangat, hingga tiba ketentuan, sementara mereka tidak berubah.
 14 Betapa banyak kelompok yang sedikit mengalahkan kelompok yang banyak adalah salah satu kemenangan.
 15 Kalaulah kita tidak melihat kemenangan dengan segera, sebenarnya kemenangan itu hampir saja datang.
 16 Bezanya kemenangan ini tidak hanya dirasakan oleh pemenang yang mendapat kemenangan ini, tapi meluas kepada orang lain, baik ketika orang itu masih hidup atau sudah meninggal. Hujjah dia tersampaikan dan memuaskan hati orang walaupun dirinya sendiri lemah dan tidak meraih kemenangan di medan tempur.
 17 Salah satu bentuk kemenangan adalah kemenangan atas musuh yang senantiasa mengintai dan berusaha sekuat tenaga dengan berbagai cara untuk menghalanginya dari meneruskan tugas kita.
 18 alangkah besar kemenangan itu, ketika seorang hamba berada di bawah naungan hidayah
 19 Ketika kita berjaya untuk meneruskan latihan setiap petang berarti kita telah telah menang atas orang-orang yang sentiasa menghalan kita untuk turun berlatih.
 20 Kalaulah mereka keluar mengayuh bersama, mereka tidak akan menambahkan apapun kepada kita selain kekusutan, mereka menabur riak di dalam hati kita dan di antara mereka yang suka mendengarkan hasutan mereka. Dan ada yang tidak hiraukan hasutan mereka, itulah kemenangan seorang pengayuh basikal.
 21 Orang-orang yang tidak minat mengayuh merasa senang dengan cara hidup mereka yang anti-sukan dan mereka tidak suka berbelanja untuk apa-apa yang menyihatkan tubuh badan mereka dan mereka akan berkata “Janganlah kita membuat kerja meletihkan (berkayuh) dalam cuaca terik panas.
 22 Kita katakan pada mereka, membeli sebuah basikal adalah membeli sebuah kesihatan. Kita lebih rela membayar kepada kedai basikal daripada membayar kepada hospital swasta. Itu juga suatu kemenangan.
23 Bukankah orang yang tetap teguh di atas minat berbasikal dan teruskan aktiviti mengayuh serta menjadi pengayuh yang tetap meneruskan kayuhan boleh disebut sebagai orang yang mendapatkan kemenangan.

No comments:

Post a Comment